Kitab Al Hikam Bukan Kitab yang sesat namun Malah Meluruskan

Duniacahayahati.blogspot.com Situs tentang Ilmu Ma`rifatullah (Tauhid) Didalamnya banyak mengandung Ilmu Hikmah yang hanya dapat dirasakan oleh orang-orang yang diberikan Ilmu ini.


Kitab Al Hikam Bukan Kitab yang sesat namun Malah Meluruskan

Dalam Kitab Al Hikam banyak sekali keilmuan hal rasa, keilmuan yang tak bisa dipahami oleh akal namun masuk kedalam Fuaad (Mata Hati), sangatlah amat penting dalam hal ini jika menjalani Syariat, jika tidak maka syariat hanya sekedar syariat, Jika Sholat sekedar sholat maka Monyet pun bisa sholat, habis sholat maksiat lagi, habis sholat mencela orang lagi, habis sholat menyesatkan orang lagi, jadi STMJ (Sholat Terus Maksiat Jalan), Bagi yang belum memahami Kitab Alhikam maka sangatlah Fitnah sekali jika mengatakan KITAB ALHIKAM SESAT, sungguh fitnah yang tak terpuji.

Di Majelis Nuurul Fuaad Sindangsari Kec Sambutan Kota samarinda sudah berjalan 15 tahun dalam mengkaji Kitab Al-Hikam dan Salik sangat antosias sekali dalam mempelajarinya, baik yang muda maupun yang berusia lanjut, dan mereka merasa mendapatkan kenikmatan yang tak dapat dibeli dengan apapun di dunia ini.

Al Hikam adalah Kitab yang masuk kedalam Maqom ilmu rasa yang mana tidak semua orang akan merasakan kenikmatannya kecuali Allah Ta`ala menghendaki-Nya.

Bagi adik-adik yang ingin mempelajari Al Hikam maka tetaplah lanjutkan karena ini sangat baik sekali untuk diri adik-adik, bila ada yang mengatakan KITAB ALHIKAM SESAT, atau KAJIAN KITAB ALHIKAM SESAT, maka tetaplah berlanjut karena dengan Banyak dari salik yang belajar Al Hikam merasakan jatuh cinta kepada Allah Ta`ala sehingga menjalankan Syariat benar-benar nyaman dan manis rasanya.

Adapun dalam Hal ini yang perlu diperhatikan adalah :
Berusahalah engkau menjadi seorang yang mempelajari ilmu fiqih dan juga menjalani tasawuf, dan janganlah kau hanya mengambil salah satunya. Sesungguhnya demi Allah saya benar-benar ingin memberikan nasehat padamu. Orang yang hanya mempelajari ilmu fiqih tapi tidak mau menjalani tasawuf, maka hatinya tidak dapat merasakan kelezatan taqwa. Sedangkan orang yang hanya menjalani tasawuf tapi tidak mau mempelajari ilmu fiqih, maka bagaimana bisa dia menjadi baik? [Diwan Al-Imam Asy-Syafi’i, hal. 47]
“Isa As. berkata: “Buat kalian tidak ada gunanya mendapat ilmu yang belum kalian ketahui, selama kalian tidak beramal dengan ilmu yang telah kalian ketahui. Terlalu banyak ilmu hanya menumbuhkan kesombongan kalau kalian tidak beramal sesuai dengannya.”
[ Diriwayatkan oleh (Abu ‘Abdallah Ahmad bin Muhammad al-Syaibani) Ibn Hanbal (… – 241 H), Kitab al-Zuhd, 327. Dan (Abu Hamid Muhammad bin Muhammad) Al-Ghazali (… – 505 H), Ihya’ ‘Ulum al-Din, 1:69-70].
“Ini bukan bisikan-bisikan syaithan, tapi ilmu laduni ini merubah firasat seorang mukmin, bukankah firasat seorang mukmin itu benar? Sebagaimana sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam: “Hati-hati terhadap firasat seorang mukmin. Karena dengannya ia melihat cahaya Allah”. (H.R At Tirmidzi).
“Ilmu batin merupakan salah satu rahasia Allah ‘Azza wa Jalla, dan salah satu dari hukum-hukum-Nya yang Allah masukkan kedalam hati hamba-hamba-Nya yang dikehendaki-Nya”.
Hadits riwayat Ali bin Abi Thalib Ra:
Dalam mempelajari Kitab Al Hikam Wajib atasnya ada Mursyid yang ahli dalam hal ini, bukan yang bukan ahli apalagi yang baru membacanya dan hanya untuk sekedar baca.

Demikianlah semoga memberikan Manfaat dan janganlah sekali-kali mundur jika ada orang yang mengatakan KITAB ALHIKAM SESAT   atau  KAJIAN KITAB ALHIKAM SESAT

Penulis Elfiansyah Elham Spd ( Kemurnian Tauhid )


Comments

Popular posts from this blog

Kitab Al Hikam Sesat

Hukum Mengirim Al Fatihah atau menghadiahkan Al Fatihah kepada yang sudah meninggal

Pelajaran Nahwu Shorof Bab Al Marifat & Annakiroh